Sejarah Game Ninja Gaiden

Sejarah Game Ninja Gaiden
By LeeYunRain
Published: August 1, 2008
Print Email

Pernah mendengar kata Hayabusa? Tanpa ada sangkut pautnya dengan sebuah motor keluaran Suzuki, Hayabusa merupakan nama sebuah klan ninja yang terdapat pada game Ninja Gaiden. Tentunya gamer juga sudah banyak mengetahui bahwa Ryu Hayabusa merupakan karakter utama dari game tersebut. Selain membintangi game Ninja Gaiden, Ryu juga sempat hadir di game Dead Or Alive. Kini kita tidak akan hanya berbicara tentang Ryu Hayabusa. Lebih dari Ryu, inilah sejarah Ninja Gaiden…


Ninja Gaiden

Ninja Gaiden merupakan judul dari sebuah game platformer keluaran Tecmo yang pertama kali dirilis dalam bentuk game arcade pada tahun 1988 di Amerika dan Eropa. Pada saat itu, game tersebut menampilkan gameplay beat ‘em up ala Double Dragon dengan karakter utama seorang ninja bernama Ryu. Tidak lama setelah rilis game tersebut, di tahun yang sama, game Ninja Gaiden versi Nintendo pun segera menyusul. Game ini mengisahkan perjalanan seorang ninja bernama Ryu Hayabusa dalam upaya balas dendam atas kematian ayahnya. Dalam game ini, Ryu dibekali dengan sebuah katana yang disebut sebagai Dragon Sword.


Tampilan sinematik Ninja Gaiden versi 'jadoel'

Sekitar 2 tahun setelah rilis game pertamanya, Ninja Gaiden II: The Dark Sword of Chaos melanjutkan kisah yang terjadi satu tahun setelah game sebelumnya dimana Ryu harus menghadapi maksud jahat dari Ashtar “The Emperor of Darkness” yang ingin membuka gerbang Realm of Chaos. Tidak hanya menampilkan cerita yang baru, NG II juga menyajikan beberapa fitur baru seperti kemampuan Ryu untuk memanjat dan melakukan jurus “Shadow Clones”. Selain itu, NG II juga dikenal sebagai game pertama NG yang banyak menampilkan darah dan kekerasan.


Cartridge NES Ninja Gaiden II... Ada yang masih punya?

Setelah The Dark Sword of Chaos, petualangan Ryu kembali berlanjut di Ninja Gaiden III: The Ancient Ship of Doom pada tahun 1991. Masih dirilis untuk Nintendo, kali ini Ryu Hayabusa harus kembali berpetualang untuk membersihkan namanya dari tuduhan membunuh Irene Lew, yang tak lain adalah kekasihnya sendiri. Mengenai mekanisme dari gameplay NG III, tidak banyak berbeda dengan kedua game sebelumnya. Beberapa perubahan dapat gamer temukan pada jurus-jurus Ryu. Selain itu, versi Amerika dari game ini juga tampil dengan tingkat kesulitan yang lebih berat daripada versi Jepang-nya.

Comments

Popular Posts